Pages

Saturday, October 11, 2014

SAFARI Ramadhan Ala Santri (MelekSadar)


#Melek Sadar
Edisi2: Safari Ramadhan ala santri

Safari

Iya safari, sepertinya istilah safari ini sudah tidak asing lagi di telinga para santri, safari berasal dari bahasa arab yaitu  سفرartinya bepergian, tetapi safari ala santri ini bepergian yang tidak tidak hanya sekedar bepergian dengan tanda kutip safari disini mempunyai tujuan, yaitu mengamalkan ilmu yang sudah didapatkan dipondok pesantren.

Bulan ramadhan adalah bulan penuh berkah bulan penuh ampunan, dibulan ramadhan semua amal baik akan dilipat gandakan begitu juga amal buruk akan juga dilipat gandakan. Diharapkan setiap umat muslim tidak melewatkan bulan ini dengan aktifitas yang kurang bermanfaat seperti hangout iya, nonton tv tak lupa, sms ngk pernah absen,telfon lanjut, bbm jalan, twitter oke wae, online difacebook wajib, ketaman cuci mata rutin, begadang plus ngopi istiqomah sampai sampai siang jadi malam malam pun jadi siang, nah disinilah peranan safari agar menyibukkan para santri dengan hal hal yang positif.

Dipesantren  Bahrul Ulum Tambakberas Jombang, safari sangat dianjurakan bagi santri santri nya, safari sebagai wadah para santri untuk mengamalkan ilmu, menambah pengalaman dan sebagai persiapan atau bekal dikemudian hari agar nantinya para santri tidak kaget ketika sudah berada ditengah tengah masyarakat secara langsung. Safari di Tambak beras, Adanya safari ini merupakan progam dari setiap orda(organisasi daerah), orda di sini banyak sekali, disetiap kota pasti ada organisasinya. Diantara beberapa orda di berbagai kota itu ada KESAJ(jombang), HISMA(mojokerto), HISLA(lamongan), OSKARI(kediri), JAMESBONE(tuban), ANDALAS(luar jawa) dll. Nah harapan dengan banyaknya orda di berbagai kota ini adalah agar kegiatan safari tidak terlalu jauh dari rumah sendiri dan mempermudah untuk mencari apa yang diperlukan karena safari paling lama itu adalah satu minggu.

Fahimtum....?? Fahimnaa...!! J

          Oke pembaca MS(MelekSadar), saya akan menceritakan pengalaman saya di kegiatan safari ramadhan 1435H ala HISMA.

Sebelum keHISMA banyak yang bertanya kenapa Si Evita Agustina(penulis) mengikuti safari di mojokerto, padahal rumahnya di jombang? Kanapa ya? Hmmm... tanya orangnya saja langsung. Hehe :-D
Langsung saja deh...

          Safari Ramadhan
              Potret HISMA
(Himpunan Santri Majapahit)


Berikut anggota HISMA yang mengikuti safari ramadhan 1435H.
Putra: Ahmad Humaidi(MMA), Khoirur Rifqy(MMA), Achmad Subkhan(MMA), Ahmad Zainul Khuzaini(MMA), Afif Zalid Ridolluh(MMA),   Rozi(MMA), Amri Saputra Senin(MAN taras),Wildan(MAN taras), Ghoza, Luhung, Agung.
Putri: Rizma(MAN taras), Evita Agustina(MAN taras), Shofatis Sa’adah(MAN taras), Farida Dzikrillah(MAN taras), Yenie Rohmatul Mufidah(MAN taras), Isnu(MMA), Ulil(MMA), Ima(MMA), Siska Handini, livya khana.
Yang mengikuti safari ini adalah santri santri terpilih yang tergerak hatinya, sebenarnya aggota HISMA tidak ini saja, banyak sekali. Tapi yang berminat ikut safari hanya segelintir santri saja.


Hari pertama kamis, 17 juli 2014, anggota safari berkumpul di alun alun mojokerto jam03 sore tepatnya, telah direncanakan berangkat namun karena kebanyakan jam di indonesia yaitu jam karet, akhirnya diundur dan kami menunggu anggota lain cukup lama dan akhirnya berangkat jam5 walaupu tidak banyak yang ikut, dan anggota tidak sesuai rapat tapi tetap berangkat sudah lebih cukup untuk dibagi 2 grup, kami berangkat ke kupang jetis, tempatnya cukup jauh dari alun alun, sesampainya dikupang kita menuju kerumah alumnus HISMA yaitu ahmad humaidi, dirumahnya, anggota hisma mempersiapakan segala sesuatunya untuk hari esok dan disini kami berbuka, sahur, rapat serta bermalam dirumahnya.
Kegiatan malam harinya, karena yang ikut tidak sesuai rapat di BU kita rapat lagi, rapat yang diadakan seusai sholat tarawih kemudian kumpul untuk tahlil, berdoa agar diberi kelancaran, membahas tentang opening ceremony, konsumsi, pembagian kelompok, cara pengajaran di tiap TPQ besok, seusainya sebagian dari kami mendatangi alumnus hisma, kepala desa, pengajar TPQ untuk mendatangi peresmian pembukaan safari.




    





      Hari kedua rabu, 18 juli pembukaan safari ramadhan


Sambutan oleh pengurus pos1, dusun jetis desa kupang, mojokerto










Sambutan oleh pengurus pos 2, di pasinan mojokerto.










Anggota putri HISMA dan pembacaan ayat suci Alqur’an










Anggota putra HISMA









Pembukaan safari telah usai dan resmi dibuka, persiapan berangkat ke pos masing masing. Siang sekitar pukul 01.00 berangkat, pos dua berangkat lebih awal untuk membantu mempersiapkan buka bersama anggota NU yang bertempat di TPQ pasinan, pos1 mulai berangkat di jetis kebetulan saya ambil tugas di TPQ jetis.

Kegiatan di pos1


Tanah yang dibuat TPQ ini merupakan tanah waqaf dari seorang kyai yang tidak mempunyai keturunan,  selain TPQ disini juga terdapat pondok kecil dan sebuah masjid, karena pondoknya sudah tidak ada yang menempati akhirnya hari ini kita membersihkannya dan bermalam di pondok kecil ini.



                                                                                            
Berikut anggota pos1
















Kegiatan sore harinya yaitu perkenalan santri ke murid di TPQ.
Kegiatan putri dihari hari biasa pada sore hari adalah mengajar dari jam 02.30 sampai 05.00.






Sedangkan yang putra dihari hari biasa adalah sebagai imam tarawih, bilal, adzan sholat berjama’ah, dan mengisi pengajian seusai sholat tarawih dan sesudah sholat shubuh.
Potret anggota HISMA pos1 di sore hari menjelang berbuka puasa.


Sebagai pengisi waktu yang senggang di pagi hari dari hasil rapat anggota HISMA mengadakan lomba sebagai penunjang semangat para santri di TPQ.
Setelah rapat pada malam harinya anggota HISMA pos1 membua kesepakatan, lombanya adalah MHQ, hafalan doa dan adzan.

Lomba dilaksanakan tanggal...
sesua




No comments:

Post a Comment

 

BUKU TAMU

Code CBox milik sampeyan
Mau buat buku tamu ini ?
Klik di sini

Blogger news

Blogroll

About